buble
uppingbear

Thursday, October 6, 2011

penduduk masyarakat dan kebudayaan

Angka kelahiran adalah jumlah kelahiran per 1000 penduduk
Sumber: Cunningham, mac Donald, gant. Obsteri Williams, ed. Ke-18. Dr. joko suyono dan dr. andry hartono (penerj.). Jakarta : EGC.

Dinamika penduduk adalah perubahan kependudukan untuk suatu daerah tertentu dari waktu ke waktu. Pertumbuhan penduduk akan selalu di kaitkan dengan anka kelahiran, kematian, dan perpindahan penduduk atau migrasi baik perpindahan ke dalam maupun keluar. Pertumbuhan penduduk adalah peningkatan atau penurunan jumlah penduduk suatu daerah dari waktu ke waktu.

3 Piramida Penduduk

1.    Piramida penduduk yang mempunyai dasar lebar menunjukkan terjadinya kelahiran yang tinggi diwaktu-waktu yang lalu.
2.    Piramida penduduk yang berbentuk kerucut menunjukkan kelahiran besar di waktu yang lalu tetapi kematian bayi yang tinggi menyebabkan proporsi penduduk yang dapat hidup terus keusia dewasa dan menjadi tua lebih sedkit.
3.    Piramida penduduk dengan badan gemuk dan dasar yang sama atau lebih kecil dan dengan ujung atas yang membesar menunjukkan bahwa beberapa waktu yang lalu telah terjadi jumlah kelahiran yang cukup besar, tetapi tingkat kematian bayi menurun sehingga jumlah bayi yang lahir dan tetap hidup mencapai usia dewasa lebih banyak dari jumlah sebelumnya.




OPINI
Menurut saya pertumbuhan penduduk di indonesia dari tahun ke tahun semakin meningkat. Program KB yang di buat pemerintah menurut saya kurang berhasil di laksanakan karena masih begitu banyak masyarakat yang mempunyai anak lebih dari 2. Sedangkan menurut saya pertumbuhan penduduk ini tidak di barengi dengan pertumbuhan ekonomi Negara ini. Sehingga banyak sekalimasyarakat2 yang tidak mendapatka pekerjaan alias nganggur.

No comments:

Post a Comment