buble
uppingbear

Monday, October 24, 2011

BAB 3 INDIVIDU MASYARAKAT DAN KELUARGA

PENGERTIAN KELUARGA
Menurut Departemen Kesehatan RI (1998).Pengertian Keluarga Keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah suatu atap dalam keadaan saling ketergantungan.

Menurut Ki Hajar Dewantara, Kumpulan beberapa orang yang karena terikat oleh satu turunan lalu mengerti dan merasa berdiri sebagai satu gabungan yang hakiki,esensial, enak dan berkehendak bersama-sama memperteguh gabungan itu untuk memuliakan masing-masing anggotanya. 

Menurut Menurut Salvicion dan Ara Celis, Keluarga adalah dua atau lebih dari dua individu yang tergabung karena hubungan darah, hubungan perkawinan atau pengangkatan dan mereka hidupnya dalam suatu rumah tangga, berinteraksi satu sama lain dan didalam perannya masing-masing dan menciptakan serta mempertahankan suatu kebudayaan. 

Jadi dari pengertian di atas dapat diambil kesimpulan bahwa keluarga adalah :

Unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas 2 orang atau lebih. Adanya ikatan perkawinan atau pertalian darah. Hidup dalam satu rumah tangga di bawah asuhan seseorang kepala rumah tangga dan Berinteraksi diantara sesama anggota keluarga. Setiap anggota keluarga mempunyai peran masing-masing yaitu menciptakan dan mempertahankan suatu kebudayaan.

PENGERTIAN MASYARAKAT
Masyarakat adalah sejumlah manusia yang merupakan satu kesatuan golongan yang berhubungan tetap dan mempunyai kepentingan yang sama.Seperti; sekolah, keluarga,perkumpulan, Negara semua adalah masyarakat
Dalam ilmu sosiologi kita mengenal ada dua macam masyarakat, yaitu masyarakat paguyuban dan masyarakat petambayan.Masyarakat paguyuban terdapat hubungan pribadi antara anggota- anggota yang menimbulkan suatu ikatan batin antara mereka.Kalau pada masyarakat patambayan terdapat hubungan pamrih antara anggota-angota nya.

Sumber:
http://gandeesss.blogspot.com/2010/11/pengertian-keluarga.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Keluarga
http://majidbsz.wordpress.com/2008/06/30/pengertian-masyarakat

Opini: 
menurut saya keluarga adalah tempat dimana kita bisa berbagi, memberi, berlindung dan merasa nyaman bila berada di dalamnya. keluarga juga awal pembentukan karakter jati diri seseorang dimana bila di dalam keluarga di ajarkan yang baik baik maka karakter seseorang akan menjadi baik, apa bila di didik dengan tegas maka karakter nya adalah tegas dan sebagainya.


sedangkan masyarakat adalah beragam2 orang yang kumpul menjadi satu pada suatu wilayah, masyarakat juga bisa dikatakan sekumpulan manusia yang bernaung dalam suatu daerah yang sifatnya bermacam2.

No comments:

Post a Comment