buble
uppingbear

Tuesday, November 24, 2015

pendahuluan organisasi

 ORGANISASI DAN METODE

1.       Pengertian Organisasi

Menurut Cyril Soffer (1973) organisasi adalah persekutuan/perkumpulan orang-orang yang masing-masing diberi peranan tertentu dalam suatu sistem kerja dan pembagian kerja dimana pekerjaan dipilah-pilah menjadi tugas dan dibagikan kepada para pelaksana tugas/pemegang jabatan untuk mendapatkan satu kesatuan hasil.

Organisasi berfungsi sebagai prasarana atau alat untuk mencapai tujuan.
Istilah Organisasi dapat diartikan sebagai:

Wadah                  : Sekelompok manusia untuk saling bekerja sama (statis)
Proses                  : Pengelompokan manusia dalam kerjasama yang efesien (besifat DInamis) ini yang menyebabkan mengapa organisasi selalu bergerak, senantiasa hidup, berkembang dan berubah-ubah.

Metode               : Tata kerja / cara bagaimana sumber-sumber dan waktu yang tersedia dapat digunakan sehingga proses kegiatan manajemen bias dilaksanakan sesuai dengan tujuan. Metode ini diperlukan agar dalam pemanfaatan sumber yang diperlukan bagi terlaksananya kegiatan manajemen tidak terjadi kemacetan dan pemborosan.

2.       Manajemen dan Organisasi

Rangkaian proses kegiatan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber dan factor-faktor yang menentukan bagi berhasilnya proses manajemen yaitu mencapai tujuan apa yang telah ditetapkan.

Dari pengertian diatas manajemen & organisasi mengandung maksud :
·         Kunci dan syarat pelaksanaan kerja yang setepat-tepatnya
·         Mutlak dalam kegiatan manajemen
·         Memanfaatkan segala sumber dan waktu
·         Berguna untuk peningkatan efesiensi kerja untuk mencapai tujuan
MANAJEMEN :
Proses dari kegiatan seorang manajer bagaimana mengambil keputusan yang terbaik melalui kerjasama dengan orang lain tanpa mengabaikan sumber-sumber yang tersedia untuk mencapai tujuan.
Kegiatan Manajemen :
·         Planning (Perencanaan) :
Berpikir, menduga, menentukan prioritas, kegiatan bersifat non fisik diperlukan dalam rangka mengarahkan tujuan dan sasaran organisasi.
·         Organizing (Pengorganisasian) :
Proses penyusunan pembagian kerja ke dalam unit kerja dan fungsinya, penempatan orang yang tepat agar pelaksanaa pembagian kerja sesuai dengan perencanaan, dalam penempatan orang atau staf diharapkan objektif.

·         Organizing (Pengorganisasian) :
Proses penyusunan pembagian kerja ke dalam unit kerja dan fungsinya, penempatan orang yang tepat agar pelaksanaan pembagian kerja sesuai dengan perencanaan, dalam penempatan orang atau staf diharapkan objektif.

·         Motivating (Motivasi) :
Membina, mendorong semangat dan kerelaan kerja para pegawai, memberikan rangsangan baik bersifat rohaniah atau jasmaniah. Rohaniah: kenaikan pangkat, pendidikan dan pengembangan karir, pemberian cuti, penambahan pengalaman, penyelenggaraan human relation dengan tepat. Jasmaniah: system upah gaji yang menggairahkan, pemberian tunjangan, distribusi sandang pangan, penyedia fasilitas rumah, kendaraan dan jaminan pemeliharaan kesehatan.

·         Controlling (Pengendalian) :
Mengadakan pengawasan, penyempurnaan, evaluasi agar tujuan sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan, mengetahui sampai sejauh mana pekerjaan dijalankan, seberapa besar sumber dimanfaatkan setelah diketahui kemudian dapat dikoreksi, apa yang harus dilakukan selanjutnya.
               
                Faktor-faktor produksi :
·         Manusia atau Tenaga Kerja (Man/Man Power)
·         Uang atau Biaya (Money)
·         Bahan-bahan atau Material (Materials)
·         Mesin dan Peralatan (Mechines & Equipment)

3.       Manajement dan Tata kerja

Manajemen
Perlunya ada proses kegiatan dan pendayagunaan sumber-sumber serta waktu sebagai factor yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan demi tercapainya tujuan.

Tata Kerja
Proses kegiatan itu harus dilaksanakan sesuai dengan sumber-sumber dan waktu yang disediakan.
4.       Manajemen, Organisasi, dan Tata Kerja

Manajemen
Proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerja sama antar manusia.

Organisasi
Alat bagi pencapaian tujuan tersebut dan alat bagi pengelompokan.

Tata Kerja
Pol acara-cara bagaimana kegiatan dan kerja sama tersebut harus dilaksanakan sehingga tujuan tercapai secara efisien.

Hubungan timbal balik anatara manajemen, organisasi dan tata kerja (metode)

Eratnya hubungan timbal balik antara manajemen, organisasi dan tata kerja dapat dilihat dari gambar diatas dimana untuk mencapai tujuan ketiganya tidak dapat dipisahkan.

Organisasi dan manajemen mutlak diperlukan dalam kegiatan manajemen. 
Seperti pada gambar dibawah ini :

CIRI-CIRI UNSUR DAN MACAM-MACAM ORGANISASI

1.       Organisasi Niaga

Organisasi niaga atau organisasi ekonomi bertujuan untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya, kegiatan yang dilakukan oleh organisasi ini adalah memproduksi dan mendistribusikan barang dan jasa.

Pelayanan yang diberikan adalah memberikan barang atau jasa guna mendapatkan pengganti/imbalan dalam bentuk uang. Karena itu organisasi niaga sering dinamakan profit organization.

Macam-macam organisasi niaga :
·         Perseroan terbatas
·         Perseroan komanditer
·         Firma
·         Koperasi
·         Join ventura
·         Trus
·         Holding company

2.       Organisasi Sosial

Organisasi social atau kemasyarakatan adalah organisasi seperti yang dimaksud oleh undang-undang nomor 8 tahun 1985 tentang organisasi kemasyarakatan. Menurut undang-undang ormas ini adalah organisasi yang dibentuk oleh anggota masyarakat WNI secara sukarela atas dasar kesamaan kegiatan, profesi, fungsi, agama, kepercayaan kepada Tuhan yang maha ESA untuk berperan serta dalam pembangunan dalam rangka pencapaian tujuan nasional dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Jalur pembentukan organisasi kemasyarakatan :
·         Jalur keagamaan
·         Jalur profesi
·         Jalur kepemudaan
·         Jalur kemahasiswaan
·         Jalur kepartaian dan kekaryaan

  
3.       Organisasi Regional & Internasional

Organisasi regional
Organisasi yang luas wilayahnya meliputi beberapa negara di suatu kawasan tertentu saja.

Berikut ini merupakan contoh dari organisasi regional :
APEC : Asia Pasific Economic Cooperation ( organisasi kerja samaa negara-negara kawasan Asia Pasifik di bidang ekonomi )
EEC : Europe Economic Community ( Masyarakat Ekonomi Eropa ) kawasan Eropa
ASEAN : Association of South East Asian Nation

Organisasi internasional
Organisasi yang luas wilayahnya meliputi semua negara di dunia.
Contoh organisasi Internasional adalah PBB, karena organisasi ini bersifat terbuka untuk seluruh negara-negara di dunia.

No comments:

Post a Comment